Blog

https://equity-world-futures-semarang.com/

PT Equityworld Futures Semarang – Harga Emas Naik Sedikit Pada Hari Jumat (17/11)

08:05 17 November in Market Review
0 Comments
0

PT Equityworld Futures Semarang – Harga emas naik sedikit pada hari Jumat (17/11) dan menuju kinerja mingguan yang kuat setelah data ekonomi AS yang lebih lemah mendorong spekulasi bahwa Federal Reserve telah selesai menaikkan suku bunga.

Emas sering dianggap sebagai aset safe haven, yang berarti banyak investor berpaling ke emas ketika mereka khawatir akan ketidakpastian ekonomi atau pasar keuangan. Ketika ekspektasi terhadap kenaikan suku bunga meningkat, harga emas cenderung turun karena emas tidak menghasilkan bunga atau dividen, sehingga lebih kurang menarik dibandingkan dengan aset yang memberikan pendapatan tetap.

Sebaliknya, jika kekhawatiran terhadap kenaikan suku bunga mereda, ini dapat membuat emas lebih menarik bagi investor sebagai bentuk perlindungan dari potensi volatilitas atau ketidakpastian di pasar keuangan. Oleh karena itu, jika ada indikasi bahwa The Fed mungkin tidak segera menaikkan suku bunga, hal ini dapat memberikan dukungan bagi harga emas.

Logam mulia bersiap untuk mencatat minggu terbaiknya sejak awal Oktober, dan sekali lagi diperdagangkan mendekati level $2.000/oz setelah turun tajam selama seminggu terakhir.

Emas spot naik 0,2% menjadi $1.985,60/oz, sementara emas berjangka naik sedikit ke $1.988,05/oz pukul 12.06 WIB.

Harga logam mulia ini akan naik antara 2,5% dan 3% minggu ini, setelah data inflasi AS yang lebih lemah memicu spekulasi akan adanya jeda dari The Fed.

Logam mulia juga melihat beberapa permintaan safe haven. Lemahnya data ekonomi dari Jepang dan zona euro mendorong kekhawatiran atas resesi global yang membayangi.

Namun dorongan terbesar untuk logam mulia datang pada Kamis, setelah data menunjukkan klaim pengangguran AS tumbuh lebih dari yang diharapkan selama empat minggu berturut-turut, menandakan lebih banyak pendinginan di pasar tenaga kerja.

Harga emas melonjak lebih dari 1% setelah data tersebut, mengingat pasar tenaga kerja yang mendingin dan inflasi yang lebih lunak merupakan dua faktor kunci bagi Fed untuk mempertimbangkan menghentikan siklus kenaikan suku bunga. Dolar dan Treasury yields jatuh setelah data tersebut.

Namun, para trader tetap waspada untuk membeli emas lebih lanjut, pasalnya sejumlah pejabat Fed akan berbicara pada hari Jumat. Notulen dari rapat Fed bulan Oktober juga akan dirilis minggu depan, dan kemungkinan akan memberikan lebih banyak isyarat tentang pandangan bank sentral terhadap suku bunga.

Tetapi bahkan dengan jeda Fed, bank sentral telah berulang kali mengisyaratkan akan mempertahankan kenaikan suku bunga lebih lama – sebuah skenario yang menjadi sinyal buruk bagi emas, mengingat suku bunga yang lebih tinggi mendorong biaya peluang berinvestasi dalam emas.

Tembaga Stabil, Akan Raih Minggu yang Kuat di Tengah Harapan China

Harga tembaga diperdagangkan sideways pada hari Jumat, tetapi akan mencatat minggu terbaiknya dalam lebih dari empat bulan karena beberapa data positif dan lebih banyak langkah stimulus dari Beijing mendorong optimisme atas permintaan di negara importir utama China.

Tembaga naik 0,1% menjadi $3,6978 per pon, dan akan naik lebih dari 3% minggu ini.

Data yang dirilis minggu ini menunjukkan beberapa tanda-tanda ketahanan dalam ekonomi China, khususnya produksi industri. People’s Bank of China juga menyuntikkan likuiditas sebesar 600 miliar yuan ke dalam perekonomian untuk memacu pinjaman.

Fokus saat ini tertuju pada keputusan loan prime rate PBOC pada hari Senin ini, di mana bank sentral secara luas diperkirakan akan mempertahankan suku bunga pada rekor terendah untuk merangsang pemulihan ekonomi.

China adalah negara importir tembaga terbesar di dunia, dan perlambatan ekonomi di negara tersebut tahun ini sangat menekan harga tembaga karena trader khawatir akan melambatnya permintaan.

Namun, perlu diingat bahwa harga emas dipengaruhi oleh banyak faktor, dan perubahan cepat dalam kondisi pasar atau kebijakan dapat mempengaruhi pergerakan harga emas. Seiring berjalannya waktu, perlu untuk terus memonitor berita dan perkembangan terkini yang dapat memengaruhi pasar emas.

PT Equityworld Futures Semarang

No Comments

Post a Comment